Menengok Teknologi Mobil Kepresidenan Obama


Kemarin pelantikan Presiden AS berkulit hitam pertama. Banyak hal yang baru dalam pelantikan kali ini (sepertinya, karena saya baru kali ini menonton pelantikan Presiden AS, maklum saya kan masih SMP jadi pas dulu-dulu gak liat pelantikannya Goerge Bush). Salah satu yang menari perhatian saya adalah mobil. Ya, mobil yang ditumpangangi oleh Barrack Obama dan Sang Istri.
Pertama kali saya melihat mobil itu rasanya seperti melihat sesuatu hal yang kokoh. Dilihat dari bentuk “tubuh” mobil itu, sudahterlihat gemuk. Tidak seperti mobil limo yang pernah saya lihat di film dan media lainnya yang terlihat “kurus”. Namun, masih ada satu hal yang pasti terlihat “buruk” pada setiap mobil limo apalagi mobil limonya Obama yaitu, setiap ada mobil mewah pasti harganya jelek(baca : mahal sekali). Ya, bolehlah bermimpi menaiki mobil Cadilac seperti itu.
Mobil disamping ini menurut sumber yang saya dapat dari internet, anti peluru, anti granat, anti roket, anti serangan senjata kimia. Ada apa sehingga mobil disamping yang sering disebut dengan“Stagecoach,” “The Beast,” “Cadillac One,” dan bahkan “Obamamobile” dapat bertahan dari segala serangan sperti itu ?
Jawabannya adalah ada pada bahan yang dipakai untuk merakit mobil khusus tersebut. Menurut surat kabar Inggris Daily Mail yang membuat ilustrasi dari detail limo, mobil kepresidenan itu akan seperti ini:

  • Pelapis baja yang terbuat dari titanium, aluminium, baja keras ganda, dan bahkan keramik.
  • Kamera pandangan malam (night vision).
  • Sistem pemadam kebakaran on board.
  • Lapisan baja 5 inci yang menutupi bagian bawah chassis.
  • Jok anti granat.
  • Terdapat tabung oksigen untuk Presiden.
  • Terdapat cadangan darah untuk Presiden.
  • Ban yang diperkuat dengan Kevlar, antisobekan dan bocor, dengan pinggiran baja di bagian bawah.
Daily Mail juga menyebutkan bahwa limo tersebut menggunakan mesin disel 6,5 liter yang per gallonnya bisa melahap 8 mil, yang berarti tidak seefisien Ford Escape Hybrid milik Obama. Koran ini memperkirakan harga limo mencapai 460.000 dollar AS. Mobil tersebut juga diklaim sebagai mobil teraman di dunia.
Namun, masih ada satu hal yang membuat saya bertanya-tanya, apakah mobil ini tidak akan mogok jika digunakan di Jakarta yang terkenal dengan banjirnya ? Sayangnya, dari sumber – sumber yang saya temukan tidak ada yang mengatakan bahwa mobil ini anti mogok.
Saya yakin masih ada satu hal yang menyebabkan mobil ini tidak aman. Yakni, mobil ini tidak anti terhadap takdir buruk yang telah ditentukan oleh Tuhan.


Thanks to: AlvinRizki's site







What's on Your Mind...

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers