Home > tahukah anda > Fakta - Fakta Seputar F1
Fakta - Fakta Seputar F1
Posted by Unknown
Sebuah mobil F1 ternyata terbuat dari 80.000 komponen, dgn
perakitan mendekati kesempurnaan 99%, walaupun demikian ketika balapan
dimulai msh terdapat sekitar 80 kesalahan teknis. Ketika Seorang
pembalap F1 melakukan pengereman/brakes, maka perlambatan yg terjadi
dapat disamakan dgn mobil biasa ketika menabrak tembok batubata dgn
kecepatan 300kmph.
Jumlah
berat seluruh peralatan yang harus dibawa setiap tim F1 buat satu kali
balapan sebanyak 28 ton. Terdiri atas spare parts, tools, peralatan
pit-stop termasuk tiga sasis cadangan. Ada sekitar 10.000 spare-part dan
1500 kertas dan kantong pembungkus dengan logo team,
100
radio komunikasi antar anggota tim serta pembalapnya selama race
weekend (kamis-minggu). Alat komunikasi lain yang dibawa antara lain 16
CPU dan lebih kurang 30 notebook/laptop.
Pembalap
F1 memantau tak kurang dari 15 fungsi penting dari lampu-lampu serta
LCD monitor di steering wheel mobil F1. Posisi gear, putaran mesin,
kecepatan, campuran bahan bakar, dan lain-lain. Di setir juga ada tombol
radio komunikasi, tombol pompa air minum, serta pengatur komputer mesin
dan diferensial. Dibelakang setir ada pedal atau tuas untuk memindahkan
gear.
Pit crew di F1 yg terbaik dpt mengisi bahan bakar dan mengganti ban dlm waktu 5 detik.
Pengisian
bahan bakar F1 dpt mencapai 12 Liter per detik, artinya adalah hanya
butuh kurang lebih 4 detik utk mengisi penuh tangki bahan bakar mobil
biasa sebanyak 50 Liter. Alat pengisian bahan bakarnya sama dgn alat yg
digunakan utk mengisi bahan bakar helikopter militer Amerika Serikat.
Temperatur
di dalam knalpot mobil balap F1 mencapai 950 derajat Celcius. Saat
melakukan pengereman, tempratur piringan rem mobil F1 bisa mencapai
lebih dari 1000 derajat Celcius. Sedangakan suhu rata-rata dalam kokpit
selama balapan adalah 55 derajat Celcius.
Jarak
pengereman yang dibutuhkan mobil-mobil F1 dari kecepatan 200km/jam
sampai berhenti sempurna adalah 55 meter. Ditempuh dalam 2 detik,
menghasilkan G-force sampai 5,6G. Itu artinya tubuh pembalap (terutama
leher) harus menahan dorongan ke depan hingga 5,6 kali berat badannya
sendiri. Buat perbandingan, mobil penumpang standar perlu jarak 120
meter untuk mengerem dari 200km/jam sampai berhenti. Dalam 4.1 detik.
Mesin
mobil F1 dapat sebagian besar hanya bertahan kurang lebih selama 2 jam
di balapan, dgn kata lain ada tingkatan mesin yg akan terus
dikembangkan..
Untuk memberikan penjelasan betapa pentingnya
sistem aerodinamika dan down force pd mobil F1, dpt dibandingkan dgn
pesawat kecil tanpa sistem ini mempunyai kecepatan yg lebih kecil
dibandingkan mobil F1. Tanpa Kekuatan Aerodinamika yg di terapkan pd
mobil F1 maka kecepatan maksimal hanya akan mencapai 160 kph, dimana
mobil F1 dgn sistem aerodinamika dpt mecapai kecepatan normal nya yakni
300 kph.
Pada balapan biasa seperti di Monaco Grand Prix, sistem
aerodinamika down force dpt menghisap tutup dr terowongan di jalan
mengingat sirkuit Monaco menggunakan jalan raya biasa. Makanya sebelum
balapan harus dilepaskan dulu, sebelum kena kepala orang laen.
Selama balapan, ban F1 jg mengalami susut massa sebanyak 0,5 kg utk tiap ban.
Ban biasa normal penggunaannya adalah 60.000 - 100.000 km di jalan yg
biasa, sedangkan ban mobil F1 dirancang rata-rata utk 90-120 km dlm 1
kali balapan.
Dalam kondisi cuaca kering, ban F1 dpt mencapai top
performance nya dlm kondisi temperatur antara 90-100 derajat Celcius
(titik didih air).
Khusus
di sirkuit Monako, seorang pembalap bisa melakukan 3100 kali
perpindahan gigi selama balapan. Di sirkuit lain pembalap “hanya”
melakukan rata-rata 2500 kali perpindahan gigi.Selama
race weekend tiap tim menghabiskan sekitar 1200 liter bahan bakar.
Ditambah 70 liter oli mesin dan 30 liter oli girboks. Sebuah mobil balap
F1 berdaya 750 dk butuh70 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 100 km
Jumlah
putaran yang harus ditempuh oleh pembalap F1 sepanjang musim balapan
2008 adalah 1124 putaran/lap. Terdiri dari 17 seri balapan di 18 negara
seluruh dunia.
Dalam
1 kali balapan seorang pembalap rata-rata kehilangan berat sebanyak 2
Kg. Jumlah ini bisa lebih jika balapan berlangsung pada sirkuit yang
panas seperti Sepang, atau Bahrain.
Category Article otomotif, tahukah anda
Followers
google ads
Search This Blog
Blog Archive
-
►
2014
(4)
- ► 06/22 - 06/29 (4)
-
►
2013
(1)
- ► 12/01 - 12/08 (1)
-
▼
2012
(62)
- ► 10/14 - 10/21 (28)
-
▼
10/07 - 10/14
(30)
- Museum Makanan di Dunia
- Ada Yang Tahu makanan - makanan Jepang ini belum?
- Dewa - Dewa Kematian Kepercayaan Kuno di Dunia
- Perilaku Unik dan Janggal Induk Hewan Pada Anaknya
- Buku Fenomenal yang telah Mengubah Dunia
- Rempah paling mahal di Dunia
- Mainan Mewah para Milyarder
- Kekuatan Manusia Yang Muncul dalam Keadaan Terdesak
- Mau lihat bola Bowling yang ANEH dan UNIK??
- Fenomena Sleep Paralysis Tidur Seperti di Tindih S...
- Miniatur - Miniatur bangunan di Dunia
- mobil konsep untuk masa depan
- Pengaruh buruk facebook bagi pelajar
- Sejarah hidup W.R Supratman
- Unta, hewan dengan adaptasi yang mengagumkan
- 9 bentuk Penyiksaan yang masih dipakai zaman sekarang
- 10 Orang terkejam di dunia
- Tatto 3 D
- Fakta - Fakta Seputar F1
- Sejarah berdirinya facebook
- Mobil mobil eksotis
- kapal kapal pesiar mewah
- kapal kapal laut raksasa
- Telepon dari masa ke masa
- Al-Jaziri, Peletak Dasar Teknik Modern
- Perkembangan Jam
- Sejarah Pesawat Terbang
- Indonesian special force
- Sejarah Televisi
- PERALATAN MEDIS ROMAWI KUNO
- ► 09/30 - 10/07 (3)
- ► 07/22 - 07/29 (1)
-
►
2009
(16)
- ► 09/20 - 09/27 (12)
- ► 09/13 - 09/20 (4)